Mei 18, 2021

TIPS MERAWAT RAMBUT SMOOTHING - PELURUSAN SUPAYA TAHAN LAMA (BAHASA INDONESIA) DAN HAIR CARE ROUTINE

 Hai pemirsa setia blog-ku, apa kabar?:p 

Aku baru sadar kalau di blog aku jarang banget ngomongin soal rambut, mentok soal skincare sama hal random gitu. Makanya, mungkin banyak dari kalian yang belum tau kalau rambut asli aku keriting banget. Udah bukan gelombang lagi, tapi keriting dan ngembang pula. Karena aku personally enggak pede sama rambut aku yang susah banget di-styling seperti dicatok, dikuncir dan lain sebagainya  akhirnya pada saat kelas 3 SMA aku memutuskan untuk smoothing rambut aku. 

It was my biggest decision in my life karena banyak banget temen aku dari SD udah smoothing dan aku tetep bertahan untuk enggak smoothing until that day is coming. Alasan aku memutuskan untuk smoothing yang paling utama adalah aku jadi orang yang enggak pede-an karena rambut, yang kedua adalah karena aku udah tau mana obat smoothing yang bagus. Aku bersyukur banget jadi orang yang dikit-dikit parno, sebelum ngapa-ngapain observasi, it saves me a lot. 

Banyak banget temen aku yang smoothing pas SD-SMP mengeluh kalau rambutnya jadi rusak, keras dan susah diatur bahkan lebih susah daripada saat mereka belum smoothing. In my opinion, itu karena obat smoothing dulu belum sebagus sekarang, alatnya juga kurang memadai, dan karena masih kecil jadi enggak tau obat smoothing yang bagus itu gimana. Nah, pas SMA itu aku udah gampang banget buat ngakses internet/sosmed yang bahas tentang rambut khususnya smoothing. 

Anyway i'm not saying kalau rambut keriting itu jelek, every hair is beautiful tapi aku SECARA PRIBADI lebih suka kalau rambut aku lurus dan lemes gitu. Tapi kalau kalian lebih suka curly hair its okay, you do you<3 

If you're wondering, aku udah smoothing 7 kali sampai tahun ini. Aku udah smoothing dari aku SMA kelas 3 sampai sekarang dan aku smoothing satu tahun sekali, sebenernya disaranin 6-8 bulan sekali tapi menurutku itu terlalu sebentar, rambut aku juga butuh jeda. Aku belum tahu sih kapan berenti smoothing permanently karena jujur aja smoothing ini bener-bener nyelametin waktu dan penampilan aku at the same time. 

Oke, sekarang aku mau cerita tentang pengalaman smoothing aku di berbagai salon mulai dari yang murah sampai sedang. Disini aku jg enggak mau sebut merk salon yaa, aku hanya mention produk yg mereka pakai aja karena aku enggak di-sponsorin HAHAHA

1. Salon C

Disini aku posisinya masih enggak tau salon yang bagus dimana untuk smoothing tapi aku tahu obat smoothing yang bagus pada saat itu, ini sekitaran akhir tahun 2015 atau awal 2016 aku lupa. Setelah baca blog orang, review orang dan lain-lain aku memutuskan untuk smoothing di salon deket rumah dan bawa obat sendiri yaitu L'oreal Xtenso, harganya 200 ribuan saat itu, murah kan? Ongkos smoothingnya cuma 80-100 ribuan karena bawa obat sendiri. Catokan yang dipake jg catokan murahan 200 ribuan gitu. B aja lah semuanya. 

(cr: lazada avrishop)
 

Hasilnya? Biasa aja sih tapi enggak terlalu lepek kayak tikus kecebur got (enggak kayak smoothing pas jaman SD gitu), rambut jd lebih gampang diatur dan enggak kusut yang penting. Inget banget temen-temen pada cie-cie-in HAHAHA malu banget tapi yaudah lahya, ada juga yg bilang kenapa enggak dari dulu. Ujung rambut bercabang  dan sedikit kasar karena masih oon ngerawat rambut, boro-boro pakai hair mask, samponya aja pake hea* *nd sh0uld*r yang emang agak sedikit bikin kering. Gak heran sih hancur. Aku smoothing disini 2x ya karena obatnya masih jadi aku pakai lagi obat yang lama. Di smoothing kedua ini konyolnya pas proses pencatokan malah mati lampu karena ada orang perbaiki kabel, udah pasrah pengen nangis mana laper pula HAHA untungnya hasilnya enggak fail.

2. Salon Y

Awalnya aku mau balik lagi ke salon C tapi salon C tutup karena family issues dan aku enggak tau mba-mba salon itu pergi kemana dan setelah observasi di Instagram dan nanya ke temen-temen yang pro tentang smoothing aku pindah salon. Ini posisinya aku udah kuliah semester satu. Katanya salon ini baru buka dan produk yang mereka pake terbaru semua, akhirnya aku memutuskan untuk nyobain di salon ini. Disini aku enggak bawa obat sama sekali karena di salon ini smoothing-nya pake L'oreal jadi karena udh cocok sama L'oreal aku percaya aja sih rambut aku diapa-apain sama mba ini. Jadi foto obatnya aku enggak masukin ya. 

Yang aku suka banget dari salon ini alatnya up to date banget (ownernya jg cakep) karena baru buka, tempatnya lebih cozy 5x lipat dibandingkan salon C sayangnya pegawainya julid, karyawannya bilang rambutku susah di smoothing karena model layernya terlalu tinggi, dan masih banyak lagi tp aku gak inget karena itu tahun 2017, boro-boro inget apa yang mereka bilang, apa yang aku makan 3 hari yang lalu aja aku lupa. Equipment yang mereka pake jg lengkap, yang aku inget mereka nyatok pakai catokan yang lumayan bagus yaitu Babyliss Flat Iron Pro yang Gold sama kayak punyaku dirumah. 

(cr: tokopedia)

Waktu itu aku beli around 1,8 juta tapi aku enggak saranin ini soalnya ini panasnya cuma 2 tahun, di tahun 3 udah enggak panas sama sekali. Sekarang aku jadiin catokan di rumah aja kalau lagi gabut. Tapi jujur aja ini catokan paling light dan paling nyaman platnya dan aku belum nemu catokan senyaman ini, tapi kekurangannya udah fatal banget yaitu enggak panas walaupu udah pakai suhu tertinggi, dan whats the point tho kalau catokan enggak panas hehe
Hasil smoothing di salon Y paling tahan lama diantara semua salon, 8 bulan aja masih lurus tapi paling ngerusak. Rambut kayak ijuk walaupun udah dipakaiin hair mask dan hair oil walaupun jarang-jarang. 
Di smoothing keempat kalinya aku masih di salon Y ini tapi aku coba yang smoothing blow. Untuk obatnya masih L'oreal, catokannya masih Babyliss tapi yang berbeda pertengahan dan ujung rambutku di keritingin gitu pakai alat semacam ini


ini bukan salonnya ya, ini hanya ilustrasi!
(https://www.rudhiasalonbali.com/smooth-blow-permanent/)

 
Prosesnya lama banget, aku sampe pesen makan saking laparnya HAHAHA. Sumpah, aku baru tau kalau teknik ini pakai listrik, jujur aku takut banget kesetrum tapi untungnya enggak sih. Hasilnya bagus menurutku, smoothingnya tahan lama dan enggak lurus plek gitu, ada wavy-wavy-nya gitu di ujung rambut. Tapi, rambut jadi rusak parah asli, banyak rambut yang rusak, kayak rambut mati gitu, harganya jg lumayan mahal waktu itu around 750-850k gitu lupa.. rambut aku sedikit dibawah bahu pada saat itu panjangnya, jadi mahal karena ini salon pertama di kotaku yang provide smoothing blow. 

3. Salon A

Karena lelah dengan kerusakan rambut, aku mulai cari-cari salon lain. Akhirnya ketemu di explore Instagram, ada salon baru yang baru buka di kota-ku. Langsung deh aku DM admin Instagramnya untuk nanya-nanya pricelist dan treatmentnya, adminnya fast respon tapi jawabnya rada kagak nyambung, jawabannya template semua. Karena adminnya gajebo akhirnya aku memutuskan langsung nanya ke salonnya. Disana ada treatment andalan mereka namanya Keratin Steampod tapi aku enggak milih treatment itu karena memang aku pengennya ngelurusin rambut sedangkan tujuan keratin steampod bukan itu, ngelurusin rambut cuma bonus dari keratin steampod ini. Akhirnya aku milih Smoothing Steampod setelah konsultasi sama mba-mbanya. Mba-mbanya cukup komunikatif dan ramah, mungkin yang jadi admin bukan salah satu dari mba-mba ini.
Jadi setelah memutuskan treatment, aku DP smoothing ini di Instagram karena ada promo kalau DP bisa dapet creambath gratis setelah smoothing senilai 160k, sangat lumayan buat mahasiswa kayak aku:p 
Aku smoothing jam 10 pagi, dan langsung dikasih makan dan minum. Aku inget banget dikasih es teh sama bakpao dan mba-mbanya ngajak ngobrol. Untuk bahan smoothingnya mirip-mirip salon lain, tapi yang membedakan adalah equipmentnya. Alat yang dipake nyatok adalah ini: 


Catokannya ada tulisan "L'oreal" dan catokannya ada air gitu, jadi ngeluarin uap tiap nyatok rambut kita. Ini pertama kalinya aku melihat catokan steampod. Jadi yang membedakan ini sama smoothing biasa adalah kerusakannya bisa diminimalisir (katanya mba-mbanya sih). Awalnya aku mikir "halah palingan sama aja, ini mah trik marketing!" tapi kenyataannya tidak sama sekali. Berkali-kali aku smoothing hasilnya selalu sama, yaitu rusak dan sedikit kering, tapi enggak saat di salon ini.Rambutku terhitung masih bisa diatur dan enggak cepet bercabang. Padahal dulu abis 3 bulan smoothing aja udah patah-patah dan bercabang. 

4. Salon P
Okey, jadi ini tempat smoothing terakhirku. Aku smoothing bulan Maret 2021. Seperti biasa, konsultasi dulu ke salonnya untuk nanya harga, menurutku ini penting banget ya jangan sampai smoothing melebihi dari budget yang udah kalian siapin, kalau duitnya kurang kan malu.. setelah nanya harga aku nanya obat dan alat smoothingnya. Ternyata obatnya Milbon. Karena aku tahu ini brand lumayan mahal (Mirip-mirip Kerastase tapi si milbon dari jepang) aku langsung buat appointment untuk minggu depan. 
Salonnya super nyamaaan, soalnya mbanya ramah pol, diantara semua salon yang aku datengin salon ini mbanya yang paling nyaman diajak ngobrol, gak judgemental dan up to date loh, bahkan dia ngasi ilmu-ilmu yang dia dapetin dari sekolah kecantikan. Aku potong rambut dulu sebelum smoothing krn rambutku jelek banget karena salah potong. Hasil potong rambutnya menurutku b aja gak sebagus potong rambut di salon A, padahal harganya gak beda jauh. Setelah itu baru lanjuut smoothing. Obat smoothing yang dipakai Milbon Atenje. 

(cr: nostrec.co.id)


yang dipakai salon ini yang H1, aku kurang tau bedanya sama yang lain apa. Untuk baunya enggak semenyengat L'oreal, ini gaterlalu bikin pusing dan mual dana anehnya ini gaperlu didiemin lama-lama. kayak 30 menit aja kelar. Terus dicatok pakai alat steampod seperti biasa 


Terus pakai neutralizer selama 10 menitan. Jujur ini adalah smoothing paling sebentar yang pernah aku lakuin. Terus hasilnya? Aku lanjutin di part 2 dengan hair care routine ku yaa:p 
Thank you



----
PART 2 
(LINK AKAN DIINPUT KALAU SUDAH UP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar